Wisata Pantai Jatimalang

Kabupaten Purworejo yang berada di Provinsi Jawa Tengah memiliki beberapa destinasi wisata alam yang menawan.

Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Jatimalang yang berjarak kurang lebih 17 km dari Kota Purworejo dan sekitar 60 km dari Kota Yogyakarta.

Sebagaimana destinasi wisata pantai lain, Pantai Jatimalang memiliki panorama alam yang menawan.

Namun, yang membuat Pantai Jatimalang berbeda adalah adanya ikon berupa Patung Dewa Ruci setinggi 6 meter yang berdiri gagah di bibir pantai.

Nah, jika kamu penasaran dengan wisata pantai ini, simak artikel berikut yang akan menguraikan tentang lokasi, harga tiket masuk, jam operasional, dan fasilitas wisata di dalamnya.

Sekilas Tentang Pantai Jatimalang

pantai Jatimalang purworejo

Seperti kebanyakan pantai di pesisir selatan Jawa, Pantai Jatimalang memiliki pasir hitam dengan garis pantai yang panjang.

Ombak di pantai ini juga cukup besar sehingga wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang.

Namun, wisatawan tidak perlu khawatir akan kebosanan karena tidak bisa berenang. Sebab, tidak jauh dari bibir pantai terdapat kolam renang air tawar yang bisa digunakan, baik oleh pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Pengunjung pun bisa bersantai di gazebo yang telah disediakan sambil menikmati pemkamungan sekitar.

Apalagi ketika sore menjelang, di mana pengunjung akan disuguhkan pemkamungan matahari terbenam dengan semburat langit berwarna jingga.

Bagi pengunjung yang hobi memancing, Pantai Jatimalang juga mempunyai banyak spot memancing di sepanjang bibir pantai.

Pengunjung pun bisa berkemah dan mendirikan tenda, serta berfoto di beberapa spot yang telah disediakan, seperti di area Patung Dewa Ruci.

Rute dan Lokasi Pantai Jatimalang

lokasi pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang pernah dijadikan sebagai tempat pendaratan kapal yang mengangkut tentang Jepang pada tahun 1942. Hal ini bisa terjadi karena selain daerahnya yang sepi, pantai ini mudah dijangkau dan tidak begitu jauh dari pemukiman.

Pantai Jatimalang terletak di Patu, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dari alun-alun Kota Purworejo, destinasi wisata ini berjarak sekitar 21 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Sementara, jika dari Bkamura International Yogyakarta di Kulon Progo, pantai ini hanya berjarak 12 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Apabila kamu memulai perjalanan dari pusat Kota Purworejo, Wonosobo, atau daerah sekitarnya, kamu bisa mengambil rute jalan menuju arah Kutoarjo.

Kamu bisa melewati selatan Stasiun Kutoarjo, kemudian lurus terus menuju arah pantai hingga sampai di Jalan Deandles dan menemukan Gapura Pantai Jatimalang.

Apabila melaju dari Kota Yogyakarta, kamu bisa memulai perjalanan menuju ke arah Purworejo.

Lanjutkan perjalanan melalui Jalan Wates – Purworejo, kemudian Jalan Kolonel Sugiono, Jalan KH. Ahmad Dahlan, hingga nantinya tiba di Pantai Jatimalang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Jatimalang

pantai Jatimalang tiket

Untuk bisa menikmati keindahan alam Pantai Jatimalang, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000/orang.

Biaya untuk parkir kendaraan pun tidak mahal, yakni Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Pantai Jatimalang buka selama 24 jam sehingga wisatawan bisa datang kapan saja, bahkan berkemah di sekitar kawasan. Namun, area parkir hanya buka pada pukul 06.00 – 17.00 WIB ketika sebagian besar wisatawan datang dan memenuhi kawasan.

Fasilitas Wisata Pantai Jatimalang

pantai dewaruci Jatimalang

Pantai Jatimalang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, seperti area parkir, mushola, dan toilet.

Selain itu, terdapat pula beberapa fasilitas wisata menarik, seperti area Patung Dewa Ruci, spot snorkeling, spot selancar, masjid petilasan, kolam renang, gazebo, ATV, warung makan, dan penginapan.

1. Patung Dewa Ruci

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Pantai Jatimalang memiliki ikon berupa Patung Dewa Ruci setinggi 6 meter.

Patung ini dibangun pada tahun 2018 oleh Nyoman Alif, seniman berdarah Muntilan, Bali.

Patung yang berdiri gagah di bibir pantai ini menjadi salah satu spot foto favorite sebagian besar pengunjung yang datang ke pantai ini.

2. Spot Snorkeling

Meski pasirnya berwarna hitam dan gelap, warna air laut Pantai Jatimalang begitu jernih dan bersih.

Wisatawan dapat menikmati kejernihan air ini dengan mencoba spot snorkeling yang fasilitasnya sudah cukup lengkap.

Kamu akan melihat biota laut Pantai Jatimalang yang begitu beragam, termasuk batu karang yang begitu indah.

Sekalipun kamu tidak mencoba spot snorkeling dan hanya berada di bibir pantai, kamu akan melihat air laut pantai ini yang berwarna biru dan hijau toska yang begitu eksotis.

3. Spot Berselancar

Sesuai karakteristik pantai-pantai di selatan Pulau Jawa, Pantai Jatimalang memiliki ombak yang besar.

Bagi para petualang pantai, deburan ombak yang besar ini justru menyenangkan dan memacu adrenalin untuk digunakan sebagai spot berselancar.

4. Masjid Petilasan Pangeran Diponegoro

Selain wisata alam, kamu juga bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi sebuah masjid yang merupakan petilasan Pangeran Diponegoro.

Berdasarkan cerita turun temurun, Pangeran Diponegoro pernah singgah di tempat ini dan masjid tersebut pernah digunakan oleh beliau untuk melaksanakan shalat.

Adapun untuk masuk ke objek wisata ini, kamu akan dikenakan retribusi sebesar Rp5.000 per orang.

5. Kolam Renang

Mengingat ombak pantai ini terbilang besar, wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang.

Karena itu, tidak jauh dari bibir pantai, terdapat kolam renang air tawar yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berenang.

Di dalam kolam renang ini pun terdapat seluncuran mini untuk anak-anak sehingga mereka tidak akan merasa bosan.

6. Gazebo

Apabila hendak bersantai sambil menikmati udara sejuk dan pemkamungan sekitar, kamu bisa duduk-duduk di gazebo atau gubuk yang telah disediakan.

Dari tempat ini, kamu bisa bersantai sambil mendengarkan suara deburan ombak yang menenangkan dan membuat rileks.

7. ATV

Jika kamu ingin menjelajah keseluruhan area pantai namun malas berjalan kaki, kamu bisa menyewa ATV yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp20.000 untuk bisa menggunakan ATV ini selama 15 menit berkeliling pantai.

8. Warung Makan

Warung-warung makan juga telah tersedia di dalam kawasan pantai untuk memudahkan pengunjung mencicipi kuliner khas daerah setempat.

Lokasinya berada dekat dengan Tempat Pelelangan Ikan atau TPI yang menjajakan hidangan laut atau seafood, seperti ikan bakar, kepiting, udang, kerang, dan cumi.

Selain itu pun kamu dapat menemukan makanan lokal lainnya, seperti mie ayam dan bakso.

9. Penginapan

Apabila belum puas menikmati suasana alam Pantai Jatimalang, kamu bisa menginap di penginapan yang berada tak jauh dari lokasi wisata.

Harga penginapan ini pun cukup terjangkau, namun kamu tetap bisa melihat pemkamungan pantai dari tempat penginapan.

Demikianlah informasi mengenai destinasi wisata Pantai Jatimalang yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tempat berlibur.

Adapun bila kamu berkunjung ke destinasi wisata ini, datanglah di pagi atau sore hari ketika cuaca tidak terik dan panas.

Siapkan pula kamera untuk berburu gambar instagram-able di sekitar kawasan pantai ini.

Tinggalkan komentar